7 Penyebab Terjadinya Ketiak yang Basah dan Bau

Rico Post – Kondisi ketiak yang basah dan bau akan mengganggu penampilan Anda sehingga menghilangkan rasa percaya diri. Siapa saja bisa mengalami masalah ini dengan berbagai penyebab yang dapat terjadi. Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan produk dari Kiehl’s Indonesia. Berikut ini penyebab terjadinya ketiak yang basah dan bau.

1. Produk Keringat

Produksi keringat yang berlebihan dapat menyebabkan area sekitar ketiak menjadi basah dan akhirnya berada pada kondisi lembap. Keringat yang menumpuk di area ketiak karena adanya kelenjar apokrin yang memproduksi keringat.

Anda perlu mengetahui bahwa keringat yang keluar memiliki kandungan protein dan asam lemak sehingga membuat timbulnya warna kekuningan di bagian ketiak. Kondisi keringat yang tinggi pada bagian ketiak akan memiliki bau yang tidak enak jika ada bakteri yang metabolismenya.

2. Konsumsi Kafein yang Berlebihan

Hal ini penting buat para pecinta kafein alias kopi untuk membatasi konsumsinya setiap hari karena jika berlebihan akan berakibat buruk. Kandungan kafein akan merangsang sistem saraf pusat Anda untuk mengaktifkan kelenjar keringat sehingga menyebabkan terjadinya ketiak basah.

3. Pakaian yang Digunakan

Pakaian yang Anda gunakan juga dapat menjadi pemicu terjadinya ketiak basah dan bau. Penting untuk Anda menggunakan bahan pakaian yang dapat menyerap keringat dengan baik. Pakaian yang tidak menyerap keringat ini akan berisiko juga menyebabkan terjadinya ruam pada kulit ketiak sehingga membuat Anda tidak nyaman.

Pakaian dengan bahan yang terbaik seperti bahan katun yang melembut dengan daya serap keringat terbaik. Bisa juga dengan menggunakan pakaian dengan bahan sintesis seperti polyester yang dapat mencegah terjadinya keringat yang banyak. Saat menggunakan pakaian perhatikan juga kondisi cuaca karena sangat mempengaruhi pada produksi keringat yang bau.

4. Asap Rokok

Keringat yang berlebihan sehingga menyebabkan ketiak basah dan bau juga dapat terjadi pada para perokok. Rokok mengandung nikotin dapat menyebabkan denyut jantung meningkatkan sehingga memicu produksi keringat yang berlebihan. Tidak hanya perokok aktif, perokok pasif yang terkena asap rokok juga mengalami masalah keringat karena suhu tubuh yang meningkat.

5. Obat yang Dikonsumsi

Jika Anda bukan orang yang memiliki keringat berlebihan, maka ketiak basah dan bau badan dapat terjadi karena mengonsumsi obat. Ada beberapa obat yang memiliki efek samping membuat produksi keringat meningkat, seperti obat anti-inflamasi atau jenis obat diabetes. Anda bisa mengatasi masalah ini dengan menggunakan krim ketiak dari Kiehl’s Indonesia.

6. Perubahan Hormon

Ketika sedang mengalami Premenstrual Syndrome (PMS) akan ada saat di mana bau badan Anda sangat menyengat. Hal ini terjadi karena perubahan hormon yang dialami di dalam tubuh. Biasanya masalah ini terjadi pada masa subur. Kondisi hormon saat itu mempengaruhi produksi keringat tubuh sehingga menyebabkan ketiak basah dan bau tidak sedap pun dapat terjadi.

7. Kondisi Kesehatan

Kondisi ketiak basah dan bau juga dapat terjadi jika Anda mengalami gangguan atau masalah kesehatan. Salah satu penyakit yang dapat menjadi penyebab adalah penyakit diabetes. Orang yang mengalami diabetes wajar saja memiliki masalah pada bau badan karena tubuhnya kesulitan mengontrol gula darah.

Tubuh akhirnya yang akan bekerja untuk menjadi bahan bakar untuk menggantikan fungsi glukosa. Hal ini membuat tubuh menghasilkan senyawa yang bersifat asam di dalam tubuh menjadi meningkat dan berakibat pada bau badan.

Masalah ketiak basah dan bau badan ini dapat Anda atasi dengan menggunakan Superbly Efficient Anti-Perspirant and Deodorant dari Kiehl’s Indonesia. Produk ini bisa Anda dapatkan dengan harga Rp270.000,00 yang berisi 50 ml.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.