Ciri-Ciri, Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Kering

cara mengatasi rambut kering

Rico Post – Tidak ada perempuan yang ingin memiliki rambut kering. Namun karena berbagai hal, terutama karena perawatan yang salah, mereka harus menerima rambu mereka menjadi kering dan rusak. Jika sudah begini, kamu perlu mencari cara mengatasi rambut kering agar tidak semakin rusak.

cara mengatasi rambut kering

Ciri-Ciri Rambut Kering dan Rusak

Sebelum membahas mengenai cara mengatasi rambut yang kering, kamu perlu tahu dulu ciri-ciri rambut kering. Jangan-jangan rambutmu yang kamu anggap sehat dan baik-baik saja, termasuk dalam kategori rambut kering. Berikut adalah ciri-cirinya :

1. Mudah rontok

Ciri pertama rambut kering dan rusak mudah mengalami kerontokan. Rontok yang terjadi pada rambut sebenarnya adalah hal yang wajar. Namun jika jumlahnya melebihi 100 helai per harinya, kamu perlu merasa khawatir dengan kondisi rambutmu.

2. Patah dan bercabang

Ciri yang kedua adalah rambut dalam kondisi patah dan bercabang. Jika sudah mengalami ini, berarti rambut kamu sudah mengalami kerusakan yang cukup berat. Rambut yang patah dan bercabang berawal dari rambut kering.

3. Warnanya kusam

Rambut kering juga ditandai dengan warnanya yang kusam. Terlalu lama terpapar sinar matahari dan alat styling akan membuat warna rambut berubah menjadi kusam dan kering.

Penyebab dan Cara Mengatasi

Setelah mengetahui ciri-ciri rambut kering, kini saatnya kamu mengetahui penyebab dan cara mengatasi rambut kering. Ada lima penyebab beserta dengan solusi mengatasinya berikut ini :

1. Paparan sinar matahari

Penyebab rambut kering yang pertama adalah terpapar sinar matahari terlalu lama. Terutama bagi kita yang tinggal di negara beriklim tropis dan mendapatkan sinar matahari setahun penuh. Untuk itu, kamu disarankan untuk tidak berdiri terlalu lama di bawah terik matahari tanpa pelindung. Kalau memang terpaksa, kamu bisa menggunakan topi, scarf, atau payung.

2. Keramas terlalu sering

Penyebab yang kedua adalah keramas terlalu sering. Mencuci rambut atau keramas adalah hal yang disarankan. Tapi jika kamu terlalu sering melakukan keramas, hal itu malah tidak disarankan karena akan membuat kelembaban alami rambut berkurang yang menyebabkan rambut menjadi kering.

Cara mengatasinya mudah saja. Kamu perlu mengubah jadwal keramas kamu, yang semula setiap hari berganti menjadi 2 – 3 hari sekali.

1. Kandungan klorin pada air

Penyebab yang ketiga adalah kandungan klorin pada air. Klorin biasa digunakan di kolam renang untuk membunuh bakteri. Kamu yang suka berenang lebih rentan mengalami masalah rambut kering jika tidak merawat rambut dengan benar.

Untuk meminimalisir efek yang ditimbulkan, kamu sebaiknya menggunakan topi renang selama berenang. Jangan lupa untuk segera bilas dan keramas setelah selesai berenang agar sisa-sisa klorin yang menempel dapat tersingkirkan.

2. Penggunaan styling rambut

Penyebab rambut kering yang keempat adalah penggunaan styling rambut yang berlebihan. Yang termasuk dalam styling rambut antara lain alat catok, hair dryer, dan curling wand. Panas yang ditimbulkan oleh alat styling rambut akan menyebabkan rambut menjadi kering, patah, bercabang, hingga warnanya kusam.

Cara mengatasi rambut kering yang disebabkan oleh penggunaan alat styling adalah dengan membatasi pemakaian alat-alat tersebut. Jangan digunakan terlalu sering. Ketika harus menggunakan alat styling, jangan lupa memakai heat protection agar rambut terlindungi.

1. Kekurangan nutrisi

Penyebab yang terakhir adalah kekurangan nutrisi. Rambut juga membutuhkan nutrisi agar terlihat indah. Jika rambut kekurangan nutrisi, maka rambut akan terlihat kering dan kusam. Untuk mengatasinya, kamu perlu makan makanan yang cukup mengandung nutrisi untuk rambut kamu, seperti zat besi, kalsium, dan vitamin B kompleks.

Nah, itulah penyebab dan cara mengatasi rambut kering. Merawat rambut tidak semata-mata hanya untuk membuatnya tampak indah. Namun yang lebih penting, bagaimana cara merawat rambut agar tetap sehat dan terlihat indah. Percuma saja rambut tampak indah setelah dicatok namun pada kenyataannya rambutmu kering dan kurang nutrisi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.