Hal yang Sebaiknya Tidak Dilakukan Ketika Memilih Kitchen Set

kitchen set

Rico Post – Memiliki kitchen set sama pentingnya seperti Anda memiliki closet untuk menyimpan pakaian Anda. Tidak hanya mampu membuat interior rumah Anda semakin lengkap dan menawan, tapi juga mampu menunjang aktivitas Anda selama berada di dapur. Kehadirannya bisa membuat Anda betah berlama-berlama memasak atau mencuci piring ataupun sekedar duduk santai di bagian mini bar set dapur ini.

Sayangnya, memilih set dapur hampir sama sulitnya dengan memilih perabotan rumah yang lain. Anda pasti memiliki banyak pertimbangan sebelum memutuskan memilih salah satunya. Apapun pertimbangan yang Anda buat, sebisa mungkin hindari hal-hal berikut ini ketika memilih kitchen set untuk rumah Anda.

kitchen set

1. Terlalu menonjolkan penampilan dan mengesampingkan aspek fungsional

Boleh-boleh saja memilih set dapur karena alasan untuk memperindah dapur dan rumah Anda. namun Anda sebaiknya tidak menjadikan hal tersebut sebagai alasan utama. Ada hal yang lebih penting yang harus Anda perhatikan, yaitu aspek fungsional dari set dapur yang Anda pilih.

Kitchen set yang baik tidak hanya memiliki tampilan yang cantik dan menarik, tapi juga berfungsi secara optimal. Keberfungsian ini bisa dilihat dari sisi kelengkapan bagian-bagiannya dan juga kenyamanan Anda selama beraktivitas di dapur. Bagaimanapun juga, set dapur dipasang bukan hanya menjadi pajangan, tapi juga untuk digunakan memasak, mencuci piring, dan kegiatan dapur lainnya.

2. Tidak memperhitungkan luas area kerja di dapur

Hal penting lainnya yang harus Anda perhatikan ketika memilih set dapur adalah ukurannya. Pilihlah set dapur yang sesuai dengan ukuran dapur di rumah Anda. Pilih yang pas, jangan terlalu kekecilan apalagi kebesaran.

Memilih set dapur tanpa mempertimbangkan ukurannya harus Anda hindari. Ruang yang tersedia tidak hanya dipakai untuk set dapur saja, melainkan juga area kerja Anda selama di dapur. Jadi, pastikan Anda tidak hanya menyesuaikan ukuran ruangan dengan ukuran set yang Anda pilih, tapi juga luas area kerja yang akan digunakan selama beraktivitas di dapur. Pastikan Anda leluasa dan nyaman selama beraktivitas di dalamnya.

3. Instalasi listrik yang sembarangan dan pencahayaan dapur yang kurang

Penting juga memperhatikan instalasi listrik. Pemasangan set dapur yang sembarangan tanpa memperhatikan letak stop kontak dan instalasi listrik lainnya akan menyebabkan dapur Anda terlihat tidak rapi karena banyak kabel-kabel yang bertebaran. Dapur juga menjadi area basah tidak hanya dekat dengan air, tapi juga minyak, panas, dan api. Jangan sampai hal buruk menimpa Anda gara-gara pemasangan kitchen set yang mengabaikan instalasi listrik.

Bukan hanya masalah stop kontak, masalah pencahayaan juga perlu diperhatikan dengan baik. Pastikan dapur memiliki pencahayaan yang cukup, baik di siang hari maupun di malam hari.

4. Memilih material secara asal-asalan

Setiap material atau bahan yang digunakan untuk membuat set dapur memiliki karakter yang berbeda-beda. Tidak semuanya memiliki ketahanan yang baik terhadap air dan tidak semuanya juga bisa dirawat dengan cara yang sama.

Jangan pilih set dapur dari bentuk dan penampilannya saja. Perhatikan pula material yang digunakan. Jika Anda tidak yakin, Anda bisa berkonsultasi kepada jasa pembuatan kitchen set. Dengan mereka, Anda bisa bebas menanyakan hal apapun, mulai dari material yang digunakan hingga desain yang Anda inginkan.

Nah, itulah empat hal yang sebaiknya tidak Anda lakukan ketika memilih kitchen set untuk dapur Anda. Sebenarnya masih banyak hal-hal lain yang harus Anda pertimbangkan dalam pemilihan set dapur ini. Namun empat hal tersebut cukup bisa dijadikan pedoman ketika Anda bingung mengambil keputusan dalam pemilihan set dapur untuk rumah Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.