Perbedaan Asuransi Mobil All Risk dan TLO

asuransi mobil all risk

Rico Post – Asuransi kendaraan tidak kalah penting dengan asuransi kesehatan. Apalagi buat anda yang sering beraktivitas di luar rumah dengan kendaraan dan memiliki harga kendaraan yang mahal. Resiko kecelakaan, pencurian, kerusakan dan lainnya bisa saja terjadi di jalanan. Dengan adanya asuransi, anda tidak perlu pusing memikirkan semua biaya tersebut. Ada dua jenis asuransi kendaraan yang bisa anda gunakan. Yaitu asuransi mobil all risk dan asuransi mobil TLO (total loss only). Lalu apa saja perbedaanya?

asuransi mobil all risk

Asuransi Mobil All Risk (Comprehensive)

All risk berarti mengcover semua risiko yang terjadi. asuransi ini dikenal juga dengan nama comprehensive atau keseluruhan. Jika anda membeli asuransi ini, berarti perusahaan akan membayar klaim semua jenis kerusakan yang terjadi di kendaraan anda. Entah itu kerusakan ringan, kerusakan berat hingga kehilangan. Tentunya hal ini berbeda dengan TLO atau asuransi total loss only, yang akan memberikan klaim diatas 75%. Biasanya harga premi asuransi mobil all risk lebih mahal dibandingkan TLO.

Asuransi Mobil Total Loss Only (TLO)

Asuransi mobil Total Loss Only (TLO) dikenal juga dengan asuransi kehilangan total. Jika anda membeli asuransi ini, perusahaan akan memberikan klaim jika mobil mengalami kerusakan diatas 75% atau kehilangan karena perampasan atau pencurian. Jika kerusakan yang anda alami kurang dari 75% berarti tidak akan diberi ganti rugi kerusakan. Harga premi asuransi total loss only biasanya lebih murah dibandingkan all risk.

Kombinasi Asuransi Mobil All Risk dan Total Loss Only

Saat ini ada beberapa perusahaan asuransi yang menyediakan asuransi kombinasi dari keduanya. Misalnya di tahun-tahun awal, anda membeli asuransi mobil all riks. Kemudian di tahun seterusnya membeli asuransi total loss only. Sehingga anda mendapatkan prlindungan penuh atas kendaraan yang anda miliki. Tidak perlu bingung masalah biaya, bila ada kerusakan atau kehilangan atas kendaraan anda.

Apalagi mobil yang anda miliki adalah mobil baru. Biasanya mobil baru memiliki biaya kerusakan yang lebih tinggi. Oleh karena itu lebih baik membeli asuransi mobil all risk. Sedangkan mobil yang sudah cukup berumur, bisa memilih asuransi total loss only.

Risiko Yang Diklaim Oleh Asuransi All Risk

Lalu apa saja risiko yang bisa diklaim oleh asuransi all risk. Seperti namanya, asuransi ini bisa mengklaim semua kerusakan yang terjadi pada mobil anda, yang disebabkan oleh :

  • Badan, banjir, dan kerusakan karena air lainnya’
  • Gempa bumi atau tsunami
  • Kerusuhan
  • Terorisme atau sabotase
  • Third party liability
  • Kecelakaan pengemudi
  • Kecelakaan penumpang
  • Tanggung jawab hukum terhadap penumpang
  • Bengkel resmi

Lalu pilih yang mana? Asuransi all risk atau TLO. Tentunya ini harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan anda. Jika anda memiliki dana lebih, bisa membeli asuransi all risk. Karena bisa melindungi keseluruhan dari kendaraan anda. Namun perhatikan pula jenis kendaraan yang anda asuransikan. Asuransi all risk, juga cocok buat anda yang memiliki bisnis kursus mobil atau rental mobil. Karena risiko kerusakan dan kehilangannya sangat tinggi.

Jika mobil anda jarang digunakan dan lebih sering di rumah. Lalu hanya digunakan di hari-hari tertentu saja, lebih baik membeli asuransi TLO (total loss only). Lalu asuransi mana yang anda pilih. Asuransi mobil all risk atau asuransi total loss only? Bandingkan dan lakukan survei, kemudian segera beli untuk kendaraan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.